BAZNAS Kabupaten Sleman Tingkatkan Penghimpunan dengan Perkuat UPZ di Tingkat Kapanewon dan Kalurahan

Sleman – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sleman memberikan sosialisasi pengelolaan zakat kepada sejumlah calon pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di kantor Kapanewon Seyegan, Kamis (28/10).

Sosialisasi tersebut untuk memberikan bekal dan pemahaman kepada calon UPZ dalam melakukan tugasnya untuk mengelola zakat khusunya di wilayah Kapanewon Seyegan dan Kalurahan.

“Sosialisasi ini untuk memberi pembekalan dan sosialisasi kepada UPZ sehingga pengumpulan zakat dapat maksimal,” jelas Wakil Ketua III Baznas Muhyi Darmadji, saat membuka acara tersebut.

Ia mengatakan, tindak lanjut dari sosialisasi ini adalah melahirkan pengurus UPZ di setiap Desa/Kalurahan. Pengurus UPZ ini akan menjadi ujung tombak dari Baznas. Setelah di SK kan, kemudian mereka akan dikukuhkan oleh Bupati.

Wakil Ketua IV Djumroni yang turut hadir mewakili BAZNAS menjelaskan, syarat boleh mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah adalah pengurus UPZ sudah di SK kan dan dilantik, sehingga dalam operasionalnya UPZ memiliki dasar hukum kuat dan lebih dipercaya oleh pegawai maupun masyarakat yang akan menyalurkan dana ZIS nya.

Sosialisasi pengelolaan zakat oleh BAZNAS ini telah dilaksanakan sejak 25/10 yang lalu kepada seluruh Kapanewon yang ada di Kabupaten Sleman. Hingga sampai saat ini BAZNAS Kabupaten Sleman telah menyambangi 5 Kapanewon dari 17 Kapanewon. Dalam sosialisasi ini juga BAZNAS Kabupaten Sleman menyalurkan program – program pentasyarufan mulai dari Sleman Taqwa, Sleman Cerdas, Sleman Sehat, Sleman Produktif, dan SLeman Peduli.

Dalam sosialisasi ini, para calon UPZ diberikan motivasi, semangat, fiqih zakat, dan format-format isian sesuai dengan Peraturan BAZNAS nomor 2 tahun 2019.

Dalam sosialisasi tersebut, Wakil ketua III, Muhyi Darmadji dan Wakil Ketua IV, Djumroni bergantian memberikan materi-materi pembekalan kepada calon UPZ agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Djumroni berharap, para Panewu dan Lurah se-Kapanewon Seyegan dapat berpartisipasi segera memberikan sosialisasi kepada para pegawainya dan membantu memfasilitasi mereka, sehingga tercapai tujuan pemerintah dalam rangka mengoptimalisasi pengumpulan ZIS di seluruh Kabupaten Sleman. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *