Optimalkan Penghimpunan Zakat ASN, Bupati Sleman Terbitkan Intruksi

SLEMAN — Selasa, (22/2) BAZNAS Kabupaten Sleman kembali menggelar acara Bulan Zakat Panutan. Acara ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama sekaligus memperbaharui kesanggupan para pejabat dan ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman agar menyalurkan zakat, infak dan sedekah mereka melalui BAZNAS Kabupaten Sleman.

Pada tahun 2021, Baznas Kabupaten Sleman telah menghimpun zakat, infak dan sedekah sebesar 6.9 M dan menyalurkan 6.1 M. Nominal ini masih tergolong belum ideal dari perkiraan potensi zakat, infak dan sedekah ASN Sleman. Jumlah ASN/PNS Muslim di Kabupaten Sleman kurang lebih 7.704 orang yang berarti potensi ZIS-nya diperkirakan sebesar Rp 950an juta perbulan atau kurang lebih 12 milyar per tahun. Untuk memaksimalkan penghimpunan zakat tersebut Bupati Sleman pada tanggal 13 Januari 2022 telah mengelurkan Instruksi Bupati nomor 002/Instr/2022.

Ini adalah langkah yang sangat maju dan menjadi acuan penting dalam mengoptimalkan pengumpulan dan pengelolaan pendistribusian serta pendayagunaan zakat di Kabupaten Sleman. Kami berharap seluruh komponen baik dari pemerintah OPD, ASN muslim dan para pimpinan lembaga vertikal yang ada di Kabupaten Sleman dapat melaksanakan Intruksi Bupati ini, sehingga dalam pelaksanaan pengelolaan zakat di Kabupaten Sleman akan searah dan sinergis dengan visi Kabupaten Sleman, tegas Bupati Sleman.

Dalam sambutannya ketua BAZNAS juga menyampaikan Aktifitas BAZNAS baik penghimpunan maupun kegiatan pentasyarufan sudah dikelola secara baik, transparan dan penuh tanggung jawab. Laporan Keuangan BAZNAS Kabupaten Sleman pada tahun 2021 seperti tahun-tahun sebelumnya memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Hal ini menunjukkan bahwa BAZNAS Kab. Sleman senantiasa berkomitmen untuk terus menjadi lembaga yang amanah, terpercaya dan profesional. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh muzakki baik ASN maupun non ASN dan para mitra yang telah mempercayakan pengelolaan ZIS kepada BAZNAS Kab. Sleman.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati serta seluruh kepala dinas di lingkungan OPD Sleman termasuk instansi vertikal. Dalam kesempatan ini, BAZNAS juga memberikan piagam penghargaan kepada seluruh UPZ yang ada di lingkungan OPD Sleman dan instansi lain atas partisipasi dan dukungannya terhadap BAZNAS Kabupaten Sleman selama ini. Bermitra untuk membantu sesama merupakan semangat kerja dari Baznas Kabupaten Sleman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *