Optimalisasi Potensi Zakat Infak Sedekah Tingkat Kapanewon, BAZNAS Sleman Selenggarakan Sosialisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ)

SLEMAN — Adanya potensi zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di Kapanewon wilayah Kabupaten Sleman mendorong Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sleman selenggarakan sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) guna memaksimalkan potensi yang ada.

Hal ini mengemuka dalam audiensi Pimpinan BAZNAS Kabupaten Sleman bersama dengan Kapanewon Turi dan jajaran pemangku wilayah tingkat Desa/Kalurahan, Sleman, Selasa (26/10). Dalam sosialisasi UPZ tersebut dihadiri Asmuni Muhammad Thohir dan Muhyi Darmadji selaku Wakil Ketua I dan III BAZNAS Kabupaten Sleman,  serta Panewu Kapanewon Turi dan 4 Lurah di wilayah Kapanewon Turi yaitu Desa Bangunkarto, Donokerto, Girikerto, dan Wonokerto. 

Audiensi ini sendiri dimaksudkan supaya segera terbentuk UPZ untuk memberikan layanan kemudahan berzakat kepada seluruh pegawai Muslim di lingkungan Kapanewon Turi dan Desa/Kalurahan di wilayah Turi.

Wakil Ketua BAZNAS RI, Asmuni menjelaskan, pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di lingkungan Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal dan BUMD menjadi prioritas utama bagi BAZNAS, setelah dikeluarkannya Surat Edaran Bupati terkait pengoptimalan potensi zakat melalui pemotongan gaji bagi ASN dan pegawai beragama muslim yang telah mencapai nishabnya di lingkungan Kabupaten Sleman/instansi vertikal.

“Alhamdulillah, jumlah UPZ semakin meningkat terutama di lembaga/instansi di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Insya Allah fenomena ini semakin menunjukkan kesadaran berzakat yang bisa menjadi salah satu solusi andal mengentaskan kemiskinan dengan mengubah mustahik menjadi muzaki melalui program-program zakat,” ujar Muhyi dalam sambutannya.

Menurut Asmuni, beberapa UPZ di tingkat Kapanewon yang sudah ada ini akan direvitalisasi lagi dengan melakukan kerjasama bersama BAZNAS, sehingga diharapkan seluruh pegawai di Kapanewon dan Kalurahan bisa menunaikan zakatnya lewat BAZNAS.  “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Panewu beserta Lurah di Kapanewon Turi atas koordinasi yang terjalin baik dengan BAZNAS. Mudah-mudahan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya zakat sehingga Gerakan Cinta Zakat dapat semakin melekat di hati kita semua,” katanya. 

Sementara itu, Panewu Turi mengatakan, “Zakat ini merupakan kewajiban bagi umat Muslim, karena membayar zakat itu menjadi sangat penting. Kami sangat mendukung himbauan untuk berzakat di BAZNAS Kabupaten Sleman ini, semoga pembentukan UPZ ini mejadi salah satu fasilitas untuk memudahkan pegawai kami dalam menunanikan kewajibannya sehingga bisa dirasakan kebermanfaatannya oleh umat”.

“Ke depan, kita akan koordinasikan secara lebih detail mengenai pembentukan UPZ ini. Kita juga akan menyesuaikan dengan ketentuan dan pola SDM agar bisa sesuai dengan ketentuan agama serta menyesuaikan dengan kecukupan dan kebutuhan para pegawai di Kapanewon dan Kalurahan. Insya Allah kita akan terus melakukan koordinasi dengan BAZNAS lebih detailnya. Kita sangat  mendukung pembentukan UPZ ini” lanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *